WiMAX


WiMAX adalah singkatan dari  Worldwide Interoperability for Microwave Access . Yang merupakan teknologi komunikasi untuk menyampaikan nirkabel kecepatan tinggi layanan internet ke daerah-daerah geografis yang luas. Revisi 2005 WiMAX disediakan laju bit sampai dengan 40 Mbit / s dengan update 2011 hingga 1 Gbit / s untuk stasiun tetap.  Ini adalah bagian dari "generasi keempat," atau 4G , nirkabel-teknologi komunikasi, WiMax jauh melampaui 30 meter (100 kaki) dari jangkauan nirkabel konvensional Wi-Fi jaringan area lokal (LAN), menawarkan jaringan area metropolitan dengan radius sinyal sekitar 50 km (30 mil) . 



Cara kerja WiMAX mirip dengan Wi-Fi, tapi WiMAX punya kecepatan yang lebih tinggi, jangkauan yang lebih luas, dan pengguna yang lebih banyak.WiMAX juga berpotensi untuk mengatasi masalah akses internet di desa-desa, yang belum punya akses internet karena tidak terjangkau kabel telepon.
Sistem WiMAX terdiri dari dua bagian :
1.    WiMAX tower, seperti halnya telepon seluler tower atau AP pada Wi-Fi, Sebuah tower WiMAX dapat meng-cover jangkauan seluas kira-kira 8 km.
2.    WiMAX receiver : Penerima dan antena berupa small box atau sistem yang terintegrasi ke laptop sebagaimana Wi-Fi saat ini.
Ada dua bentuk pancaran gelombang yang akan diberikan WiMAX :
1.    Non Line Of Sight (NLOS).
Sama dengan  WiFi, sebuah antena kecil dari sebuah laptop tersambung ke tower WiMAX menggunakan range frequensi yang lebih rendah 2-11GHz (seperti WiFi)
2.    Line Of Sight (LOS).
Sebuah antena parabola mengarah langsung ke WiMAX tower.Transmisi ini memakai frekuensi yang lebih tinggi, dengan range mencapai 66GHz.Di frekuensi yang lebih tinggi,interferensi yang lebih rendah dan bandwidth-nya lebih tinggi.
            Prinsip kerja WiMAX sama dengan WiFi.Sebuah komputer dengan fasilitas WiMAX akan dapat menerima dari stasiun pengirim WiMAX.Bedanya, wifi sampai saat ini mampu mengirim data 54 Mbps dalam kondisi optimal.Sementara itu WiMAX dirancang mampu sampai 70Mbps.Jangkauan Wimax hingga 50km dengan akses wireless-nya.
 Manfaat WiMAX
1.    Bagi perusahaan dapat  sebagai peningkatan produktivitas karyawan.
2. Bagi Industri keamanan memanfaatkan Wimax untuk fungsi remote video monitoring/camera.
3.    Untuk industri kesehatan, walaupun manfaat Wimax cukup luas, namun yang paling umum adalah pengiriman catatan medis elektronik.
Wimax merupakan teknologi yang cukup menjanjikan dalam penyediaan akses tanpa kabel berkecepatan tinggi. Kemampuan dan implementasi teknologi Wimax diatas merupakan suatu bukti awal yang positif terkait pemanfaatan teknologi ini oleh perusahaan. Diharapkan dengan semakin canggih dan semakin tinggi tingkat adopsi dan implementasi Wimax, dampak dan manfaat teknologi ini bagi enterprise akan semakin dirasa.
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan :
·         Satu pos pemancar mampu menangani hingga ratusan pengguna.
·         Dapat menyediakan konektivitas internet bagi masyarakat satu kota Area jangkauannya hingga 50 km, lebih luas daripada Wifi yang hanya 30 m Dibuat terutama untuk mengakses internet secara outdoor  Kecepatan data mencapai 70 Mbps, lebih tinggi dari Wifi yang hanya 54 Mbps. Teknologi ini menggunakan gelombang mikro yang lebih fleksibel, sehingga tidak terpengaruh oleh halangan-halangan.
·         Dengan hadirnya Wimax pengguna mendapat banyak pilihan dalam berinternet Memiliki banyak fitur yang belum tersedia pada teknologi Wifi.
Kelemahan :
·         Banyaknya orang yang menggunakan WIMAX dapat menurunkan kecepatan koneksi hingga 2Mbps-10Mbps
·         Kecepatan 72Mbps hanya berlaku bagi kondisi ideal, sedangkan jika pengguna berpindah tempat ke suatu lokasi tertentu maka dapat menyebabkan kecepatan koneksi turun drastis
·         Iklim cuaca yang buruk seperti hujan dapat mengganggu sinyal
·         Membutuhkan biaya instalasi, daya listrik, dan biaya operasional yang besar
·         Teknologi Wimax merupakan teknologi jaringan yang masih dalam tahap pengembangan sehingga belum matang dan teruji kehandalannya pada kondisi sebelumnya.
WiMAX VS Wi-Fi


WiMAX
¢Area jangkauannya hingga 50 km.
¢Kecepatan data mencapai 70 Mbps.
Wi-Fi
¢Area jangkauannya hanya 30m.
¢Kecepatan data hanya 54 Mbps 





0 komentar:

Posting Komentar